Ganjar-Mahfud Siap Hadapi Deabat Dengan Format dan Komposisi Apapun

Nasional, Politik190 Dilihat
banner 468x60

CIREBON – Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan, dia dan calon wakil presiden pendampingnya, Mahfud MD, siap untuk menghadapi debat Pemilihan Presiden 2024. Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan debat pertama Pilpres digelar pada 12 Desember 2023.

“Kalau debat ya tinggal debat saja, tinggal jalan saja,” ujar Ganjar usai memberikan materi kuliah kebangsaan di Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Cirebon, Jawa Barat, Jumat (8/12/2023).

banner 336x280

“Jadwalnyakan sudah ada. Kita kan pernah debat, tinggal jalan saja. Saya dan Pak Mahfud MD sudah siap (hadapi debat),” ucap mantan Gubernur Jawa Tengah ini.

Sebelumnya diberitakan, KPU menyelenggarakan debat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) sebanyak lima kali. Debat akan dimulai dari bulan Desember 2023 sampai Februari 2024. Formatnya, tiga debat pertama akan berfokus pada capres, sedangkan dua debat terakhir pada cawapres. Debat pertama akan digelar Selasa (12/12/2023) dengan tema hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Kemudian pada debat kedua yang dijadwalkan berlangsung 22 Desember 2023 mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Tema debat ketiga pada 7 Januari 2024 adalah ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, dan pengelolaan APBN.

Selanjutnya tema debat keempat pada 21 Januari 2024 meliputi energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Terakhir, pada 4 Februari 2024, tema debat yang diusung adalah teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

Tema debat tersebut merujuk pada visi nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

Setiap debat capres-cawapres akan terdiri atas enam segmen, mulai dari pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi, misi, dan program kerja, hingga segmen penutup. (Red/net)

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *