Kajari OKU Tekankan Pentingnya Netralitas Penyelenggara Pemilu

Hukum198 Dilihat
banner 468x60

BATURAJA – Kepala Kejaksaan Negeri Ogan Komering Ulu Choirun Parapat, SH., MH.,  memberikan pemaparan dalam Bimbingan Teknis Pemungutan, Penghitungan Suara serta Rekrutmen KPPS dalam Pemilu Tahun 2024 se-Kabupaten Ogan Komering Ulu, Selasa (5/12/2023).

Kajari hadir dalam acara yang dilaksanakan di Ballroom Grand Jati Hotel Bil Baturaja tersebut  didampingi oleh Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri OKU, Variska Ardina Kodriansyah S.H., M.H., Kepala Seksi Tindak Pidana Umum, Erik Eko Mudigdho, S.H.

banner 336x280

Acara tersebut juga dihadir Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU, Naning Wijaya, ST beserta komisioner KPU, Panitia Pemilihan Kecamatan, dan Panitia Pemungutan Suara se Kabupaten OKU..

Dalam paparannya, Kajari OKU membahas tema Tugas dan Fungsi Kejaksaan Negeri OKU dalam Pelaksanaan Tahapan Pemilu Tahun 2024. Dan juga  mencakup topik subjek hukum tindak pidana Pemilu, bentuk pelanggaran Pemilu, kejahatan tindak pidana Pemilu, serta pasal yang relevan dengan pelanggaran Pemilu dan preskripsi kasus.

“Kami Kejari OKU berkomitmen untuk menyukseskan Pemilu Serentak 2024 secara profesional, objektif, netral dan terpercaya. Dan Jaksa Agung telah menerbitkan Instruksi Jaksa Agung No. 6 Tahun 2023 tentang Optimalisasi Peran Kejaksaan Republik Indonesia dalam Mendukung dan Mensukseskan Penyelenggaraan Pemilu 2024,” terang Kajari.

Menurut Kajari, Kejaksaan Negeri OKU selama ini sudah berkoordinasi dengan semua Stakeholder yang ada baik, KPU, Bawaslu , dan Pemerintah Daerah, TNI/POLRI  demi terlaksananya pemilu yang berjalan dengan lancar, tertib dan aman di wilayah hukum Kejari OKU.

Selain itu, dijelaskan pula oleh Kajari bahwa Kejaksaan Negeri OKU telah mendirikan Posko Pemilu untuk memantau penyelenggaraan Pemilu 2024 di Kabupaten OKU.

“Kami menekankan agar seluruh penyelenggara Pemilu baik KPU, PPK dan PPS, untuk menjaga netralitas selama pelaksanaan pemilu ini,” tegas Kajari.

Pada kesempatan tersebut Ketua KPU OKU Naning Wijaya menyampaikan apresiasi kepada Kajari OKU dan Jajaran yang selama ini telah aktif membantu tugas dan fungsi KPU Kab. OKU.

“Terimakasih Pak Kajari beserta seluruh jajaran Kejari OKU yang selama ini aktif membantu tugas dan fungsi KPU,” ucap Naning.

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *